Pngertian Prestasi Kerja



a.      Pengertian Prestasi Kerja
Menurut Rivai, Veithzal (2004:309) mengemukakan bahwa prestasi kerja adalah hasil kerja pegawai dalam lingkup tanggung jawabnya.
Sedangkan menurut Mangkunegara, A.A Anwar Prabu (2011 : 67) adalah : “Hasil secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya”.
Dari pendapat diatas dapat penulis simpulkan bahwa dengan adanya prestasi kerja karyawan akan tergerak jiwanya mampu tampil bekerja dengan baik, penuh disiplin dan tanggung jawab. Seorang karyawan apabila bekerja sudah dengan hati dan pikiran maka hasil atau outputnya juga akan baik dan benar sehingga perusahaan akan menikmati hasil sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
b.      Faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi
Prestasi kerja banyak dipengaruhi oleh banyaka faktor-faktor yang dalam pekerjaannya itu sendiri, faktor-faktor tersebut meliputi : gaji atau upah, pengakuan hubungan antar pribadi, kondisi kerja dan sebagainya. Oleh karenanya untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan dapat meningkatkan prestasi kerja karyawan dapat dilakukan dengan memperbaiki dan meningkatkan faktor-faktor tersebut. Faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi kerja menurut Mangkunegara, A.A Anwar Prabu (2011 : 67) ada dua faktor yang mempengaruhi pencapaian Prestasi kerja, yaitu faktor kemampuan (ability) dan faktor motivasi (Motivation).
1)      Faktor Kemampuan (ability)
Secara psikologis, kemampuan (ability) pegawai terdiri dari kemampuan potensi   (IQ) dan kemampuan (Knowledge + Skill). Artinya, karyawan yang memiliki IQ diatas rata-rata (IQ 110-120) dengan pendidikan yang memadai untuk jabatannya dan terampil dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari, maka ia akan lebih mudah mencapai kinerja yang diharapkan.
2)      Faktor Motivasi (Motivation)
Motivasi tumbuh dari sikap (attitude) seorang karyawan yang menghadapi situasi (situation) kerja. Motivasi merupakan kondisi yang menggerakkan diri pegawai yang terarah untuk mencapai tujuan perusahaan.
Sedangkan menurut Handoko,T. Hani (2008 : 193) : ”Bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi kerja karyawan. Karyawan bekerja produktif atau tidak tergantung pada motivasi, kepuasan kerja, tingkat stres, kondisi fisik pekerjaan, sistem kompensasi, desain pekerjaan dan aspek – aspek ekonomis, teknis serta keprilakuan lainnya”.
Berdasarkan pendapat para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi kerja adalah kemampuan karyawan dalam bekerja, dukungan organisasi, serta motivasi seorang karyawan dalam menghadapi situasi kerja yang menggerakan diri karyawan untuk mencapai tujuan organisasi.
Pngertian Prestasi Kerja | Unknown | 5