a.
Pengertian Prestasi Kerja
Menurut Rivai, Veithzal (2004:309) mengemukakan
bahwa prestasi kerja adalah hasil kerja pegawai dalam lingkup tanggung
jawabnya.
Sedangkan menurut Mangkunegara, A.A Anwar Prabu
(2011 : 67) adalah : “Hasil secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh
seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang
diberikan kepadanya”.
Dari pendapat diatas dapat penulis simpulkan bahwa
dengan adanya prestasi kerja karyawan akan tergerak jiwanya mampu tampil
bekerja dengan baik, penuh disiplin dan tanggung jawab. Seorang karyawan
apabila bekerja sudah dengan hati dan pikiran maka hasil atau outputnya juga
akan baik dan benar sehingga perusahaan akan menikmati hasil sesuai dengan
tujuan yang telah ditetapkan.
b.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi
Prestasi kerja banyak dipengaruhi oleh banyaka
faktor-faktor yang dalam pekerjaannya itu sendiri, faktor-faktor tersebut
meliputi : gaji atau upah, pengakuan hubungan antar pribadi, kondisi kerja dan
sebagainya. Oleh karenanya untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan dapat
meningkatkan prestasi kerja karyawan dapat dilakukan dengan memperbaiki dan
meningkatkan faktor-faktor tersebut. Faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi
kerja menurut Mangkunegara, A.A Anwar Prabu (2011 : 67) ada dua faktor yang
mempengaruhi pencapaian Prestasi kerja, yaitu faktor kemampuan (ability) dan
faktor motivasi (Motivation).
1)
Faktor Kemampuan
(ability)
Secara
psikologis, kemampuan (ability) pegawai terdiri dari kemampuan potensi (IQ) dan kemampuan (Knowledge + Skill).
Artinya, karyawan yang memiliki IQ diatas rata-rata (IQ 110-120) dengan
pendidikan yang memadai untuk jabatannya dan terampil dalam mengerjakan
pekerjaan sehari-hari, maka ia akan lebih mudah mencapai kinerja yang
diharapkan.
2)
Faktor Motivasi
(Motivation)
Motivasi tumbuh
dari sikap (attitude) seorang karyawan yang menghadapi situasi (situation)
kerja. Motivasi merupakan kondisi yang menggerakkan diri pegawai yang terarah
untuk mencapai tujuan perusahaan.
Sedangkan menurut
Handoko,T. Hani (2008 : 193) : ”Bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi
prestasi kerja karyawan. Karyawan bekerja produktif atau tidak tergantung pada
motivasi, kepuasan kerja, tingkat stres, kondisi fisik pekerjaan, sistem
kompensasi, desain pekerjaan dan aspek – aspek ekonomis, teknis serta
keprilakuan lainnya”.
Berdasarkan pendapat para ahli diatas, dapat
disimpulkan bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi kerja adalah
kemampuan karyawan dalam bekerja, dukungan organisasi, serta motivasi seorang
karyawan dalam menghadapi situasi kerja yang menggerakan diri karyawan untuk
mencapai tujuan organisasi.