Sistem Perekonomian


SISTEM PEREKONOMIAN
            Sistem perekonomian yang dipakai oleh setiap Negara berbeda-beda tidak selalu menggunakannya mutlak, tetapi banyak juga yang menggukanan secara campuran. Ada 4 bentuk system perekonomian di dunia, diantaranya yaitu kapitalisme, sosialisme, fasisme, dan komunisme.
a.       Kapitalisme
Kapitalisme merupakan suatu falsafah ekonomi, dan bukannya bentuk suatu pemerintahan. Dalam sistem kapitalisme ini, seseorang bebas untuk memiliki kekayaan , memiliki perusahaan, bersaing secara bebas dalam pasar, dan menentukan miliknya kemudian, dalam hubungannya dengan pasar, seseorang bebas memilh dan membuat barang dan jasa yang diinginkan. Kebebasan ini disebut laissez faire.
b.      Sosialisme
Sosialisme dapat dikatakan sebagai suatu sistem perekonomian dan juga bentuk pemerintahan. Seseorang secara relatif bebas untuk memilih tempat yang diinginkan, tetapi pemrintah ikut campur tangan dengan berusaha menyesuaikan kebutuhan individu-individu kepada kebutuhan masyrakat.
c.       Fasisme
Fasisme juga merupakan suatu sistem perekonomian dan bentuk pemerintahan ( biasanya dictator ). Dalam fasisme, juga disebut negeri usaha, pemerintah memiliki semua industri. Dalam hal ini orang bebas memilih tempat yang diinginkan atas persetujuan pemerintah.
d.      Komunisme
Komunisme juga merupakan sistem perekonomian dan suatu bentuk pemerintahan. Dalam komunisme tidak terdapat kekayaan probadi atau mungkin hanya sedikit dan tidak terdapat motif keuntungan. Pekerjaan ditentukan oleh Negara, dan setiap orang bekerja untuk kepentingan masyrakat secara keseluruhan. Pemerintah menentukan siapa yang boleh memproduksi barang atau jasa, dan macam barang atau jasa apa saja yang harus dibuat, juga banyaknya, untuk siapa, dan menggunakan alat apa.





Sistem Perekonomian | Unknown | 5