1. Pengertian Biaya
Publisitas
Dalam kegiatan mempublikasikan produk sudah pasti akan
memerlukan biaya. Oleh sebab itu definisi biaya publisitas menurut Sukirno,
Sadono (2002 :112 ) adalah sebagai berikut :
Biaya Publisitas adalah biaya
yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam
mempublikasikan produk (barang dan jasa) secara langsung agar produk
yang dipasarkannya disenangi konsumen dan tertarik untuk membeli.
Sedangkan menurut Kotler, Phillip dalam Teguh, Hendra dan Rusli Ronny A
(2002 : 285) adalah sebagai berikut :
Biaya publisitas adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam
mempublikasikan suatu produk baik barang atau jasa dimana didalamnya termasuk
biaya perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian.
|
2. Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Biaya Publisitas
Publisitas merupakan salah satu
bagian dari unsur promosi yang mempunyai tujuan tertentu.Publisitas
merupakan tahap awal dimana produk diperkenalkan dengan diharapkan dapat
disenangi oleh calon konsumen.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi biaya publisitas menurut Assauri, Sofyan ( 2000 : 56 ) konsep
dalam publisitas adalah sebagai
berikut :
a.
Standarisasi Alat Publisitas
b.
Identifikasi
c.
Evaluasi
Sedangkan menurut Rosadi, Ruslan ( 2002 : 215 ) faktor yang mempengaruhi
biaya publisitas adalah sebagai berikut :
a.
Standarisasi Alat Publisitas
Standarisasi Alat Publisitas merupakan proses penentuan spesifikasi iklan,
berita dan karakteristik-karakteristik lain pada produk yang akan
dipublikasikan.
b.
Identifikasi
Identifikasi dalanm publisitas bahwa manajer harus mampu mengembangkan
cerita yang menarik untuk diceritakan tentang produk tersebut.Penciptaan
peristiwa adalah keahlian yang penting dalam mempublikasikan kegiatan
pengumpulan dana bagi organisasi nirlaba.
c.
Evaluasi
Evaluasi dalam publisitas sulit diukur karena publisitas digunakan bersama
dengan alat promosi lain. Jika digunakan sebelum alat digunakan, kontribusinya
lebih mudah di evaluasi. Tiga pengukuran efektifitas publisitas yang biasa
digunakan adalah banyaknya paparan, serta kontribusinya terhadap penjualan dan
laba.
3.
Langkah-langkah dalam
Penetapan Biaya Publisitas
Adapun
langkah-langkah dalam mempublikasikan produk menurut Kotler, Philip dalam
Teguh, Hendra dan Rusli, Ronny A ( 2000 : 291 ) adalah sebagai berikut :
a.
Penelitian yang seksama atas produk yang akan
dipublikasikan
b.
Menentukan atau menetapkan perlengkapan yang akan dipakai
dalam mempublikasikan produk
c.
Menerapkan rencana yang telah dibuat dengan bantuan
editor media
d.
Mengevaluasi hasil yang telah digunakan dalam
mempublikasikan produk.
Sedangkan
menurut Converse ( 2005 : 157 )
langkah-langkah dilaksanakan publisitas itu sendiri adalah sebagai berikut :
a.
Mengembangkan cerita atau ide
b.
Kemampuan perusahaan
c.
Keinginan konsumen
d.
Spesifikasi fungsi
e.
Spesifikasi produk
f.
Mengkaji ulang pesan dan sarana
g.
Evaluasi
Dari definisi di atas dapat penulis simpulkan bahwa salah satu kegiatan
yang dapat memberikan dampak besar pada keberhasilan suatu perusahaan dalam
meningkatkan konsumen yaitu berawal dari mempublikasikan sebuah produk baik
barang atau jasa
4.
Macam-macam
Biaya Publisitas
Adapun macam-macam biaya publisitas menurut Lawrence & Denis Wilcox
(2002:126) adalah sebagai berikut :
a.
Biaya Santunan/beasiswa kepada
masyarakat tidak mampu
b.
Biaya sumbangan sosial bencana alam
c.
Biaya kegiatan partisipasi
kemasyarakatan
Sedangkan menurut
Lesly (2001 :12) macam-macam biaya publisitas adalah sebagai berikut :
a.
Biaya Santunan/beasiswa kepada
masyarakat tidak mampu
Yaitu biaya yang dikeluarkan perusahaan
untuk memberikan santunan atau beasiswa baik berupa uang ataupun barang yang
bisa bermanfaat bagi masyarakat tidak mampu
b.
Biaya sumbangan sosial bencana alam
Yaitu biaya yang dikeluarkan
perusahaan untuk membantu korban bencana alam .
c.
Biaya kegiatan partisipasi masyarakat
Yaitu
biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mensponsori berbagai kegiatan
masyarakat.