Pengertian Biaya Publisitas



1.      Pengertian Biaya Publisitas
Dalam kegiatan mempublikasikan produk sudah pasti akan memerlukan biaya. Oleh sebab itu definisi biaya publisitas menurut Sukirno, Sadono (2002 :112 ) adalah sebagai berikut :
Biaya Publisitas adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam     mempublikasikan produk (barang dan jasa) secara langsung agar produk yang dipasarkannya disenangi konsumen dan tertarik untuk membeli.
Sedangkan menurut Kotler, Phillip dalam Teguh, Hendra dan Rusli Ronny A (2002 : 285) adalah sebagai berikut :
Biaya publisitas adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam mempublikasikan suatu produk baik barang atau jasa dimana didalamnya termasuk biaya perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian.
6
 
Dari definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa biaya publisitas merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam mempublikasikan produk (barang dan jasa) termasuk di dalamnya biaya perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian agar produk yang dipublikasikan disenangi konsumen.
2.      Faktor-faktor yang Mempengaruhi Biaya Publisitas
Publisitas merupakan salah satu bagian dari unsur promosi yang mempunyai tujuan tertentu.Publisitas merupakan tahap awal dimana produk diperkenalkan dengan diharapkan dapat disenangi oleh calon konsumen.
Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya publisitas menurut Assauri, Sofyan ( 2000 : 56 ) konsep dalam publisitas adalah sebagai
        berikut :
a.       Standarisasi Alat Publisitas
b.      Identifikasi
c.       Evaluasi
Sedangkan menurut Rosadi, Ruslan ( 2002 : 215 ) faktor yang mempengaruhi biaya publisitas adalah sebagai berikut :
a.       Standarisasi Alat Publisitas
Standarisasi Alat Publisitas merupakan proses penentuan spesifikasi iklan, berita dan karakteristik-karakteristik lain pada produk yang akan dipublikasikan.
b.      Identifikasi
Identifikasi dalanm publisitas bahwa manajer harus mampu mengembangkan cerita yang menarik untuk diceritakan tentang produk tersebut.Penciptaan peristiwa adalah keahlian yang penting dalam mempublikasikan kegiatan pengumpulan dana bagi organisasi nirlaba.
c.       Evaluasi
Evaluasi dalam publisitas sulit diukur karena publisitas digunakan bersama dengan alat promosi lain. Jika digunakan sebelum alat digunakan, kontribusinya lebih mudah di evaluasi. Tiga pengukuran efektifitas publisitas yang biasa digunakan adalah banyaknya paparan, serta kontribusinya terhadap penjualan dan laba.



3.      Langkah-langkah dalam Penetapan Biaya Publisitas

Adapun langkah-langkah dalam mempublikasikan produk menurut Kotler, Philip dalam Teguh, Hendra dan Rusli, Ronny A ( 2000 : 291 ) adalah sebagai berikut :
a.         Penelitian yang seksama atas produk yang akan dipublikasikan
b.        Menentukan atau menetapkan perlengkapan yang akan dipakai dalam mempublikasikan produk
c.         Menerapkan rencana yang telah dibuat dengan bantuan editor media
d.        Mengevaluasi hasil yang telah digunakan dalam mempublikasikan produk.

Sedangkan menurut  Converse ( 2005 : 157 ) langkah-langkah dilaksanakan publisitas itu sendiri adalah sebagai berikut :
a.       Mengembangkan cerita atau ide
b.      Kemampuan perusahaan
c.       Keinginan konsumen
d.      Spesifikasi fungsi
e.       Spesifikasi produk
f.       Mengkaji ulang pesan dan sarana
g.      Evaluasi

Dari definisi di atas dapat penulis simpulkan bahwa salah satu kegiatan yang dapat memberikan dampak besar pada keberhasilan suatu perusahaan dalam meningkatkan konsumen yaitu berawal dari mempublikasikan sebuah produk baik barang atau jasa
4.      Macam-macam Biaya Publisitas
Adapun macam-macam biaya publisitas menurut Lawrence & Denis Wilcox (2002:126) adalah sebagai berikut :
a.       Biaya Santunan/beasiswa kepada masyarakat tidak mampu
b.      Biaya sumbangan sosial bencana alam
c.       Biaya kegiatan partisipasi kemasyarakatan
Sedangkan menurut Lesly (2001 :12) macam-macam biaya publisitas adalah sebagai berikut :
a.       Biaya Santunan/beasiswa kepada masyarakat tidak mampu
Yaitu biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memberikan santunan atau beasiswa baik berupa uang ataupun barang yang bisa bermanfaat bagi masyarakat tidak mampu
b.      Biaya sumbangan sosial bencana alam
Yaitu biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membantu korban bencana alam .
c.       Biaya kegiatan partisipasi masyarakat
Yaitu biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mensponsori berbagai kegiatan masyarakat.
Pengertian Biaya Publisitas | Unknown | 5