Pengertian Pembelanjaan Perusahaan



A.  Pengertian Pembelanjaan Perusahaan
Istilah pembelanjaan perusahaan adalah terjemahan dari kata-kata business finance. Pengertian pembelanjaan perusahaan dapat ditinjau dari dua segi yaitu artisangat sempit dan dalam arti luas.
Pengertian pembelanjaan perusahaan dalam arti sempit yaitu meliputi usaha-usaha untuk mendapatkan atau meperoleh uang (obtaininor of hind), sedangkan pengertiam pembelanjaan perusahaan dalam arti luas yaitu meliputi semua aktivitas peruasahaan yang bersangkutan dengan usaha mendapatkan dana yang dibutuhkan (obtaining of funds) serta usaha untuk menggunakan dalam (use of fund) dengan cara paling efisien.
Dari duda definisi di atas penulis lebih menekankan pengertian pembelanjaan perusahaan dalam arti luas dengan alas an sebagai berikut :
a.       Sebab hampur tidak mungkin dapat ditarik dana dengan cara paling efisien tanpa sebelumnya mengetahui tujuan penggunaan data tersebut.
b.      Sebaliknya pengguanaan dana yang paling efisien hamper tidak mungkin dijalankan tanpa sebelumnya mengetahui tentang dana yang akan ditarik dalam jenis maupun jumlahnya.
Kalau kita simpulkan pengertian pembelanjaan perusahaan dalama arti luas meliputi dua hal yaitu kegiatan menarik dana dan kegiatan menggunakan dana.  Sebenarnya kegiatan perusahaan tidak hayanya kegiatan pembelanjaan saja tetapi juga kegiatan di bidang lainnya seperti bidang produksi, marketing personalia, dan lain-lainnya yang ada hubungannya dengan kegiatan perusahaan. Kalau kita perhatikan antara kegiatan yang satu dengan kegitan yang lainnya saling kait mengkait dan saling tunjang menunjang sehingga kegiatan yang satu tidak boleh diprioritaskan dan kegiatan lain diabaikan. Untuk lebih jelasnya pengertian pembelanjaan perusahaan ini, maka penulis kemukakan beberapa ahli sbegai berikut :
a.         Menurut Wolff-Birkenbihi mengatakan bahwa pembelanjaan perusahaan meliputi usaha-usaha untuk menyediakan uang.
b.        Menurut Be Coutre dan Hasenack memberikan definisi yang lebih luas dimana pengertian pebelanjaan meliputi keseluruhan daripada usaha untuk mempersiapkan dan mengatur penarikan dan penggunaan dana dimana termasuk juga perencanaan beserta pelaksanaannya.
c.         Menurut Carl A. Dauten tidak memberikan definisi pembelanjaan tetapi hanya menyebutkan subjek dari bidang pembelanjaan perusahaan dengan menyatakansebagai berikut “ the practice, procedures, and the problem involved in channelling funds into investment in business, and the planning for and controlling of the use of such funds are the subject matter of the area business finance “
d.        Menurut Gerstenberg pembelanjaan perusahaan sebagai berikut : “ How business are organized to acquire funds, how they acquire funds, how they use them and how the profits of business are distributed “
Pengertian Pembelanjaan Perusahaan | Unknown | 5